Cara Mudah Membedakan Batu Kalimaya Asli dan Palsu

Posted by

Cara Mudah Membedakan Batu Kalimaya Asli dan Palsu - Batu Kalimaya merupakan salah satu jenis batu yang paling banyak diburu oleh para pecinta batu. Keindahan batu dengan ciri khas berupa pancaran warnanya membuat batu kalimaya ini memiliki nilai lebih di mata para pecinta batu kalimaya.

Batu Kalimaya

Batu kalimaya yang sering disebut dengan batu opal ini sebenarnya banyak di wilayah banten, tetapi untuk batu mulia yang karatnya tinggi jarang ditemukan di Indonesia karena batu opal yang karatnya tinggi biasanya berasal dari Australia. 

Fisik batu kalimaya atau batu opal memang sangat cantik. Tak heran, jika banyak kolektor yang tertarik menjadikan batu mulia ini sebagai salah satu koleksi favoritnya. Warna batu opal ini sebenarnya adalah putih bersinar tetapi ada warna-warna lain yang terpancar dari dalamnya sehingga tampak seperti pelangi. Apalagi jika sudah berbentuk perhiasan cincin kalimaya, maka keindahannya akan semakin terlihat nyata.

Cincin Batu Kalimaya

Namun seiring dengan banyak para pemburu batu kalimaya, menjadikan ada sebagian orang yang menjual batu kalimaya palsu/ sintetis. Karena itu, Anda perlu tahu bagaimana cara mudah membedakan Batu Kalimaya Asli dan Batu Kalimaya palsu.

Berikut ini adalah cara mudah membedakan batu kalimaya asli dan palsu:

1. Melihat warna batu

Batu kalimaya yang asli cenderung berwarna putih dan bersinar. Batu memang memancarkan berbagai macam warna dari dalam batu, tetapi warna tersebut tidaklah mencolok. Berbeda dengan batu kalimaya tiruan. Warnanya memang putih, tetapi dalam batu cenderung gelap dan warna yang dipancarkan dari dalam juga lebih mencolok.

2. Menempelkan batu kalimaya ke pipi

Tempelkan Batu Kalimaya ke pipi Anda. Bila terasa dingin, berarti batu kalimaya tersebut asli.


3. Membakar permukaannya

Bakar permukaan batu kalimaya. Jika batu kalimaya tersebut tetap (tidak ada perubahan), maka batu kalimaya tersebut dijamin asli.



Cah Kudus Updated at: 23.53

Website Resmi Kami